Jumat, 25 November 2011

Wirausaha, Membangun Empati


Di antara hal yang tidak kalah pentingnya dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan adlah mengembangkan rasa empati atau kepedulian. Hal ini dikarenakan rasa empati yang tinggi akan membantu kita menghasilkan karya yang tidak hanya dapat dinikmati dan menguntungkan diri sendiri tetapi juga dapat dinikmati dan menguntungkan sesama.
Text Box: Operasi Bibir Sumbing RSPAD Gatot Subroto

Memperingati ulang tahun ke-61, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto mengadakan bakti sosial di beberapa daerah. Di Jakarta, selasa lalu, diadakan operasi gratis bibir sumbing dan langit-langit kepada masyarakat tidak mampu. Ada juga donor darah, santunan kepada anak yatim dan fakir miskin. “Ulang tahun bukan kemeriahan saja. Harus ada hasil-hasil yang bisa dirasakan masyarakat,” kata ketua panitia kegiatan, dr.Toto Iman. Setahun terakhir, hampir 400 orang mengikuti operasi gratis dari RSPAD Gatot Subroto.  

Sumber : KOMPAS, Sabtu, 9 Juli 2011
Prof. Philip Kotler, yang dijuluki Bapak Marketing Modern, memberikan nasihatnya kepada para pebisnis di Indonesia; “Think customers and you’ll be save”. ”Rengkuhlah para pelanggan Anda supaya bisnis Anda bisa tetap berlangsung baik”. Keunggulan bisnis seperti itu lebih menjamin kesuksesan dan pasti sulit dibajak pesaing manapun.
Text Box: Kotler Prakarsai Museum Marketing 3.0 di Ubud 

UBUD, KOMPAS – Pulau Dewata memiliki satu museum yang pertama di dunia, Museum Marketing 3.0 di kawasan wisata Ubud, Kabupaten Gianyar. Museum ini diprakarsai Philip Kotler, guru pemasaran dunia dan diinisiatori oleh Hermawan Kartajaya, pakar pemasaran Indonesia. 

 Museum ini memuat contoh pemasaran berbasis spirit kemanusiaan dari belasan perusahaan mendunia, seperti Walt Disney, The Body Shop, termasuk Puri Saren Ubud yang mampu mengelola Ubud sehingga menjadi tujuan wisata mendunia.       

 Kotler mengatakan, melalui Museum ini diharapkan mampu memberikan wawasan kepada masyarakat luas mengenai marketing yang baik. Bahkan, menurut dia, semua orang bisa menjadi pemasar yang andal. Angka 3.0 adalah perpaduan pemuasan terhadap konsumen, hubungan baik, dan spirit kemanusiaan.  

Sumber : KOMPAS, Sabtu, 28 Mei  2011

Menumbuhkan jiwa kewirausahaan akan membantu kita menguasai seluruh kemampuan berwirausaha, mulai dari pola pikir, kemampuan, karakter, serta pengetahuan wirausaha itu sendiri. Oleh sebab itu, perlulah ditumbuhkan terus jiwa kewirausahaan yang kita miliki, dengan terus mengembangkan hal-hal yang telah diuraikan di atas. Pastikan di masa yang akan datang kita menjadi orang yang lebih baik, sukses dalam berwirausaha, hidup lebih kaya dan bahagia, dan sekaligus berempati tinggi.

1 komentar:

  1. memang betul, pengusaha harus memiliki empati yang tinggi terhadap lingkungannya. Jangan malah pongah dan tidak peduli atas kondisi lingkungannya...

    BalasHapus

Silakan Anda masukan komentar, Insya Allah akan menjadi masukan berharga bagi kita semua...